Tentang KSR

RIWAYAT  SINGKAT

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit I Institut Pertanian Bogor (KSR PMI Unit I IPB) merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa IPB (UKM ). Unit Kegiatan mahasiswa yang mendidik para sukarelawan muda agar cepat dan tanggap dalam berbagai bencana alam maupun sosial. KSR PMI Unit I IPB dahulu bernama Palang Merah Mahasiswa (PMM). PMM merupakan salah satu Unit Aktifitas Khusus (sekarang Unit Bidang Khusus) yang ada di IPB. Tokoh pendiri UKM ini yaitu Riza Irfani, Yan Listriar Adiputra, M. Lukmanul Hakim, Syaiful Zaman Tawakal, Rosniati, dan lainnya pada bulan September 1991. Nama PMM berganti menjadi KSR IPB pada tanggal 22 Maret 1992 berdasarkan keputusan pertemuan resmi yang diadakan di Ruang Persiapan 3 Kampus IPB Baranangsiang. Perubahan nama ini karena menyesuaikan dengan sistem organisasi yang telah ditetapkan dalam AD/ART PMI. Kemudian tanggal 22 Maret diperingati sebagai hari lahir KSR PMI Unit I IPB. KSR PMI Unit I IPB merupakan korps sukarela perguruan pertama (Unit I) yang dibentuk di Bogor dan disahkan keberadaannya dengan SK PMI Cabang Kotamadya Bogor No. 505/KSR15/1994.

AKTIVITAS

KSR PMI Unit 1 IPB melaksanakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan yaitu kegiatan donor darah yang bekerja sama UTDC Kabupaten Bogor dan lembaga lain, bakti sosial, pengiriman tenaga maupun materi untuk korban bencana alam atau sosial, perekrutan anggota baru, pendidikan dasar kepalangmerahan, pendidikan lanjutan, pelantikan anggota muda dan tetap, up grading kepengurusan, pelatihan dokter kecil, pembinaan PMR di lingkungan sekitar kampus, fasilitator pelatihan medis masa perkenalan tingkat departemen sampai tingkat kampus, fasilitator pelatihan medis fieldtrip/ praktek lapang, latihan gabungan dengan UKM lain, KSR EXPO, TEPALKOS (Temu Pembina, Alumni dan Korps) dan sebagainya.

Untuk menambah kompetensi anggota dan prestasi KSR PMI Unit 1 IPB di tingkat cabang maupun nasional kami berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan maupun forum. Pelatihan-pelatihan yang kami ikuti untuk pengembangan keahlian dan keprofesionalan dalam hal kepalangmerahan yaitu bersama dengan PMI Cabang Kabupaten Bogor mengadakan simulasi bencana, pelatihan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat, latihan gabungan SAR AIR (KSR IPB, KSR Cabang Kabupaten Bogor dan Denmark Red cross), latihan gabungan SAR AIR (KSR IPB, PMI Cabang Kabupaten Bogor, PMI Cabang Jakarta Timur, dan KSR UNJ), pelatihan water and sanitasi, pelatihan pertolongan pertama dan SAR nasional di Universitas Negeri Jakarta, pelatihan pertolongan pertama dan SAR Air di Universitas Mahasaraswati Denpasar-Bali, pelatihan psicology (PSP) di PMI Cabang kabupaten Bogor, pelatihan perawatan keluarga (PK) di Universitas Gajayana malang. dan pelatihan SAR Darat di IAIN Mataram. Sedangkan forum yang diikuti yaitu musyawarah cabang Kabupaten Bogor, de’Brief di Ciwidae (forum relawan Jawa Barat), dan temu bakti KSR PMI perguruan tinggi se-Indonesia setiap 2 tahun. KSR PMI Unit 1 IPB telah memiliki himpunan alumni.

PEMBAGIAN TUGAS DAN WEWENANG

Korps Sukarela PMI Unit 1 IPB mempunyai dua orang pembina yakni Prof. Dr. Ir. H. Mochammad Hasjim Bintoro Djofrie, M.Agr dan Dr. Ir. Sulistiono, M.Sc. KSR PMI Unit 1 IPB dipimpin oleh seorang komandan yang tugasnya memimpin UKM ini untuk mencapai tujuan organisasi yang sesuai dengan visi dan misi KSR PMI Unit 1 IPB. Dalam menjalankan tugasnya, komandan didampingi oleh seorang sekretaris, seorang bendahara. Wewenang komandan ialah memerintah dan mengatur anggota-anggotanya agar terwujudnya visi dan misi KSR PMI Unit 1 IPB.

Badan Pengawas Organisasi terdiri atas delapan orang alumni KSR PMI Unit 1 IPB. Tugas dan wewenang mereka adalah mengawasi dan memberi masukan melalui komandan untuk menjalankan tugasnya dengan baik. KSR PMI Unit 1 IPB mempunyai empat departemen yakni:

  1. Departemen PSDM (Diklat)
  2. Departemen SOSKEMAS
  3. Departemen KERUMAHTANGGAAN
  4. Departemen INFOKOM

Masing-masing departemen dipimpin oleh seorang kepala departeman yang tugasnya mengkordinasikan kegiatan-kegiatan dibawah departemen tersebut. Selain itu ada anggota departemen yang membantu kepala departemen menjalankan tugasnya.

VISI DAN MISI

Visi

  1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kepalangmerahan sehingga mampu menjadi kader PMI yang mantap dan mandiri, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, berbudi pekerti luhur serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
  3. Menegakkan prinsip-prinsip kepalangmerahan di dalam maupun di luar IPB.

Misi
Agar seluruh anggota KSR Unit 1 IPB

  1. Mempunyai bekal pengetahuan, keterampilan, jiwa kemanusiaan melalui pendidikan dan pengalaman di perguruan tinggi dan PMI
  2. Mampu berorganisasi, membina serta melatih kepelangmerahan.
  3. Mampu melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi

KONDISI OBJEKTIF INTERNAL

  1. A. Evaluasi Internal Organisasi

KSR merupakan UKM yang mendasarkan rasa kekeluargaan sehingga dalam pengambilan keputusan dilakukan musyawarah mufakat. Selain itu hubungan yang terjalin antar anggota terjalin dengan baik. Adapun kendala yang sering dihadapi dalam organisasi disebabkan dengan kesibukan akademis masing-masing pengurus maupun anggota sehingga mengakibatkan komunikasi yang kurang baik. Namun kendala ini dapat diatasi dengan terjalinnya rasa persaudaraan dan kecintaan terhadap KSR itu sendiri.

  1. B. Rekomendasi Untuk Internal Organisasi

Untuk kepengurusan kedepan diharapkan pada anggota serta BPH dalam struktur memiliki prioritas penuh terhadap UKM KSR ini, hal ini bertujuan agar anggota fokus dengan tanggung jawab yang diamanahkan serta agar mendidik seseorang membangun komitmen.

SUSUNAN KEPEGURUSAN 2010-2011

Pembina:

  1. Prof. Dr. Ir. H. Mochammad Hasjim Bintoro Djofrie, M.Agr.
  2. Dr. Ir. Sulistiono, M.Sc.

KONDISI OBJEKTIF EKSTERNAL

  1. A. Hubungan Kelembagaan

Unit Kegiatan Mahasiswa KSR PMI Unit 1 IPB membina hubungan baik dengan mahasiswa KSR PMI dari universitas lain, UTDC Kabupaten Bogor, PMI Cabang Kabupaten Bogor, PMI Daerah Jawa Barat dan PMI Pusat. Hal ini dilakukan dengan mengundang KSR PMI universitas lain pada kegiatan yang diselenggarakan KSR PMI Unit 1 IPB, menghadiri undangan kegiatan KSR PMI Universitas lain dan mengikuti temu bakti KSR perguruan tinggi se-Indonesia. Hasil dari Temu Bakti tersebut ialah salah satu anggota KSR PMI Unit 1 resmi menjadi Sekjen Forkom periode 2009-2011.

  1. B. Hubungan Lingkar Kampus IPB

Unit Kegiatan Mahasiswa KSR menjadi media perantara antar kepanitian seluruh organisasi di IPB dalam pelaksanaan kegiatan sosial, donor darah dan medis. KSR PMI Unit 1 IPB juga berpartisipasi dalam penggalangan dana di kampus untuk korban bencana alam yang  terjadi di daerah-daerah rawan di Indonesia. Selain itu, KSR IPB berperan sebagai fasilitator PMR di SMP dan SMA di lingkungan sekitar kampus IPB pada khususnya dan Bogor pada umumnya.

  1. C. Lingkungan

Unit Kegiatan Mahasiswa KSR melaksakan bhakti social dan pelayanan kesehatan yang melibatkan warga desa sekitar kampus IPB. Disamping melaksanakan kegiatan sosial, KSR juga mngirimkan perwakilannya untuk berpartisipasi dalam kegiatan Festival bersih sungai yang bekerjasama dengan komunitas pecinta sungai Ciliwung.

  1. D. Pemerintah

Unit Kegiatan Mahasiswa KSR menjalin hubungan dengan pemerintah kota bogor dalam pelaksanaan berbagai acara sosial dan pengadaan pelatihan nasional.  UKM KSR berhubungan baik sekali dengan PMI cabang.

One Response to “Tentang KSR”

Leave a Reply

Kalender
August 2017
M T W T F S S
« Dec    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Kategori